OT Vozzmag - шаблон joomla Окна
  • Pesparawi-2016
  • Jemaat Ibadah Penahbisan
  • Penahbisan Pdt. John Haba
  • Ibadah Penahbisan
  • Phmj
  • Slide1
MENJUMPAI YESUS DI TEMPAT TERPENCIL oleh Pdt.Ch.S.L Taruklabi

MENJUMPAI YESUS DI TEMPAT TERPENCIL oleh Pdt.Ch.S.L Taruklabi

Published in Pembinaan June 24 2017

MENJUMPAI YESUS di TEMPAT TERPENCIL

(Menggugah semangat ber-Pelkes)

Pdt. Ch. S. L. Tarukla’bi

Suru Engkaduk dan Suru Tembawang, dusun terpencil dipedalaman Kalimatan Barat, jarak tempuh seharian dari perbatasan Entikong Indonesia dan Serawak Kucing Malaysia. Tidak ada kendaraan umum menjangkau dusun ini. Tidak ada motor dan juga tidak ada sepeda. Masyarakatnya berjalan kaki dan menggunakan getek (ketinting) jika berpergian. Tidak ada listrik, tidak mengenal toilet dan tidak ada air bersih. Tetapi GPIB ada disana. GPIB hadir untuk melayani umat Tuhan yang ada disana. Tidak terpikirkan bahwa mereka dapat dijangkau karena begitu terasing, tetapi Tuhan menghadirkan GPIB di tempat itu.

Suruk Engkaduk dan Suruk Tembawang hanyalah dua dusun dari sekian banyak tempat terpencil yang dilupakan dan sulit dijangkau yang harus dilayani oleh GPIB. Ada begitu banyak pos-pos pelayanan GPIB. Jika kita warga jemaat GPIB, apakah kita tahu bahwa Tuhan merindukan kita hadir diantara mereka yang hampir terlupakan itu? Bukan hanya bantuan kita berupa uang, tetapi keberadaan kita untuk menunjukkan kepedulian dengan menyapa mereka secara nyata. Jika kita warga jemaat GPIB dan telah menghayati sungguh kehadiran kita sebagai milik Kristus, sudahkah kita menjumpai saudara-saudara kita yang ada jauh disana, karena itu berarti menjumpai Tuhan disana, diantara mereka? Jika kita hadir disana dan bermakna bagi mereka, itu berarti kita berbuat bagi Tuhan.

Penghayatan keagamaan kita tentang kehadiran Tuhan dan dimana Tuhan dapat kita jumpai sangat dangkal. Kita yang berada di kota besar dengan fasilitas yang ada, menghayati bahwa menjumpai Tuhan di gedung-gedung gereja yang mewah, di hall-hall yang besar, dan di hotel-hotel berbintang. Dalam penghayatan yang demikian, kita telah mengkristalkan Tuhan dan menjadikan-Nya “sesuatu” yang indah dan megah. Menempatkan Tuhan pada posisi tertinggi padahal Tuhan sendiri meninggalkan tahta-Nya untuk ada di antara manusia.

Tuhan Yesus mengajak gereja-Nya untuk keluar menjangkau sebanyak mungkin orang agar mereka mendengar dan mengalami secara nyata kasih-Nya. Mereka yang di kota-kota besar terlebih yang berada di pelosok. Ada tanggung jawab iman sebagai gereja Tuhan yang diberkati untuk mengalirkan berkat itu kepada mereka yang jauh dari kita. Demikian ketika Tuhan Yesus berkata “pergilah, jadikan semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Ku perintahkan kepadamu (Matius 28 : 19-20a).

Kalau gereja-Nya menunjukkan kepedulian dan perhatian dalam tindakkan yang nyata, maka gereja-Nya telah mengaplikasikan apa yang Tuhan Yesus kehendaki. Dengan demikian gereja akan berjumpa Tuhan Yesus sampai di tempat-tempat terpencil.

Alangkah indahnya jika GPIB jemaat “Karunia” Ciputat menjadi bagian dari arak-arakan gereja yang rajin ber-Pelkes, karena akan semakin nyata perjumpaan dengan Tuhan Yesus di anatara yang dikasihi-Nya.

Last modified on Last modified on July 22 2017

facebook-icon-web

Jadwal Ibadah Minggu

  •    Gereja Pusat I

    :   06.00 WIB

       Gereja Pusat II

    :   09.30 WIB

       Gereja Pusat III

    :   18.00 WIB

     

       IHM Nuansa Muda

     

    :   15.00 WIB

       Minggu ke 2 dan ke 4

     

       Setiap bulan.

     

     

       Pospel Sepolwan I

     

    :   07.00 WIB

       Pospel Sepolwan II

    :   17.00 WIB

     

       Pospel Pamulang I

     
     
    :   09.00 WIB

       Pospel Pamulang II

    :   17.00 WIB

     

       Pospel Hosana

     
     
    :   06.30 WIB

       Pelkat PA

     
    :   06.30 WIB
        09.30 WIB

       Pelkat PT

    :   08.00 WIB

     

     

    image6

    PEMBACAAN ALKITAB SEPEKAN

    Tanggal

    Pagi Malam
     17 Okt '17 Mzm 102 : 24-29 Mzm 103 : 1-5
     18 Okt '17 Mzm 103 : 6-18

    Mzm 103 : 15-22

     19 Okt '17 Mzm 104 : 1-18 Mzm 104 : 19-24
     20 Okt '17 Mzm 104 : 25-30 Mzm 104 : 31-35
     21 Okt '17 Mzm 108 : 1-10 Mzm 108 : 11-14
     22 Okt '17

    1 Taw 6 : 31-47

    1 Taw 6 : 48-53