OT Vozzmag - шаблон joomla Окна
  • Slide1
Published in Artikel February 18 2018

minggu pra paskah

 

PRAPASKAH adalah persiapan sebelum paskah. Masa Prapaskah adalah masa dimana umat mengenang dan menghayati kembali seluruh pelayanan Yesus yang penuh tantangan dan derita, yang dimulai dari Kaisarea Filipi sampai di Yerusalem. Oleh karena itu, masa ini adalah merupakan kesempatan untuk umat berpuasa, meratap, sadar diri, menyesal  dan bertobat.

Ada yang memulainya dengan pada Septuagesima (berarti ‘yang ke-70’); bukan menunjuk pada hari ke-70 sebelum Paskah, tetapi melambangkan ke-70 bangsa di dunia atau ke-70 tahun masa pembuangan di negeri Babel (2 Taw.36:21; Yer.25:11,12). Ada juga yang memulainya dengan Sexagesima (berarti ‘yang ke-60’); Ini hanya nama saja, sama seperti ‘yang ke-70’ bukan berarti hari ke-60 sebelum Paskah. Ada juga yang memulainya dengan Quinquagesima (berarti ‘yang ke-50’), yaitu hari ke-50 sebelum Paskah, sama seperti Pentakosta (bahasa Yunani) adalah yang ke-50 sesudah Paskah, sehingga seluruh Paskah menjadi ‘100 Hari’.

Mengacu pada kesaksian Alkitab tentang masa pergumulan dan pertobatan, baik yang dialami umat Israel di padang gurun; Musa di atas gunung; Elia dalam perjalanan ke Horeb; Pertobatan orang Niniwe setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan terakhir Yesus yang berpuasa di padang gurun maka GPIB memperingati masa prapaskah selama 40 hari atau Enam Minggu. Bahasa latinnya adalah Quadragesima (berarti ‘yang ke-40’); hari ke-40 sebelum Paskah. Minggu Prapaskah dimulai dengan ‘Rabu Abu’ (hari Rabu sebelum Minggu Prapaskah VI).

RABU ABU Awal Masa 40 hari; bukan Hari Rabu sebelum Jumat Agung. Abu yang secara simbolik ditaruh di atas kepala atau dijadikan tempat tidur menunjukkan perendahan diri, intropeksi, perkabungan, pertobatan, pendekatan diri kepada Tuhan : manusia tidaklah lebih daripada debu di hadapan Allah (Kej.18:27; 2 Sam.13:19; Est.4:1,3; Ayb.2:8;42:6 Yes.58:5, Yeh. 27:30; Dan 9:3; Yun.3:6).

Oleh karena dinamakan Minggu Prapaskah maka perhitungannya adalah mulai dari Minggu Prapaskah VI dan seterusnya sampai Minggu Prapaskah I. Hal ini penting karena Jumat Agung atau peringatan Kematian Yesus Kristus terjadi dalam Minggu Prapaskah I. Jika dihitung menurut jumlah hari antara Rabu Abu dan Paskah, maka ternyata jumlah itu bukan 40, melainkan 46. Dalam hal ini, 6 Hari Minggu tidak termasuk karena hari Minggu tetap mengacu kepada Kebangkitan Kristus. Bagaikan enam oasis di padang gurun yang menjadi tempat untuk melepas lelah dan penyegaran untuk terus menjalani gurun kehidupannya, demikianlah 6 Hari Minggu dalam masa prapaskah yang menjadi tempat persinggahan umat untuk memperoleh kekuatan agar tabah melangkah menjalani masa 40 hari sampai memuncak pada Hari Paskah.

INVOCABIT Kata Latin Invocabit = ‘Bila ia berseru’ (Mzm. 91:15), sesuai dengan antifon Mazmur Pembukaan pada Hari Minggu VI Prapaskah.

REMINISCERE Reminiscere = ‘Ingatlah’ (Mzm.25:6), sesuai dengan antifon Mazmur Pembukaan pada Hari Minggu V Prapaskah.

OCULI Oculi = “Mata (ku) ‘Mzm. 25:15), sesuai dengan antifon Mazmur Pembukaan pada Hari Minggu IV Prapaskah.

LAETARE Laetare = ‘Bersukacitalah’ (Yes. 66:10), sesuai dengan antifon untuk Mazmur 122 sebagai Mazmur Pembukaan pada Hari Minggu III Prapaskah.

JUDICA Judica = ‘Berilah Keadilan’ (Mzm.43:1), sesuai dengan antifon Mazmur Pembukaan pada Hari Minggu II sebelum Paskah.

PALMARUM berarti ‘Hari Palma’ (bnd. Yoh.12:13), yaitu Hari Minggu Prapaskah I. Jika tematiknya tidak berhubungan dengan perjalanan Yesus Masuk ke Yerusalem, maka Hari Minggu ini juga dapat disebut Hari Minggu Passio (Minggu Sengsara).

Simbol Minggu Prapaskah adalah gambar Ikan (Yun. IXHTUS) dengan warna dasar ungu tua dengan tulisan ‘Yesus Kristus, Anak Allah, Juruselamat) dari kata IXHTUS = YESU KRISTU, THEOS HUIOS, SOTERIA

Warna dasar                           : Ungu Tua

Lambang/Logo                         : Ikan (ICHTUS)

Warna pinggir ikan dan huruf  : Kuning

Tulisan                                    : Yesus Kristus, Anak Allah, Juruselamat

Arti                                        : Tanda ini merupakan suatu Sandi rahasia di kalangan orang Kristen

mula-mula yang sedang mengalami penganiayaan. Pada masa penyiksaan dan penganiaayaan yang hebat itu mereka tidak bisa saling menyatakan diri sebagai pengikut Yesus. Karena itu, agar mereka tetap bersatu dan saling mengenal di antara mereka sebagai pengikut Yesus, dan terlebih tetap mengakui iman bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah dan Juruselamat maka mereka menggambar ikan di telapak tangan mereka masing-masing.

Simbol Prapaskah berganti pada malam Jumat Agung.

Published in Kegiatan Jemaat February 10 2018

PENEGUHAN PENGURUS PELKAT, PELAYAN PA & PT, SERTA PENGURUS KOMISI

Peneguhan Pengurus Pelkat, Pelayan PA & PT, serta Perkenalan Pengurus Komisi akan dilaksanakan pada hari Minggu,

18 Februari jam 09:30 di Gereja Karunia. Penggembalaan/Persiapan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Februari 2018 jam 16:00.

Ketentuan :

1. Seluruh calon pengurus Pelkat, Pelayan PA & PT, serta Pengurus Komisi wajib hadir dalam penggembalaan tersebut.

2. Saat peneguhan memakai pakaian rapi dan sopan.

    Laki-laki        :  atasan putih, celana hitam

    Perempuan   :  atasan putih, rok hitam

3. Bagi pengurus/pelayan yang belum mengikuti pembinaan, wajib mengikuti pembinaan susulan di Mupel (jadwal menyusul). 

February 03 2018

P E T U N J U K

Yang  Kukasihi,

                            Bila engkau dapat percaya, segala sesuatu mungkin bagi mereka yang percaya. Anak-Ku, engkau harus percaya dalam hatimu bahwa sesuatu dapat dicapai sebelum engkau dapat menerimanya.

          Engkau harus menentukan standar atas apa yang engkau cita-citakan. Engkau harus mengetahui sesuatu yang harus engkau capai dalam hidup untuk mengetahui tujuan yang harus engkau capai dan langkah yang harus diambil. Tidak satu orang pun tiba di tempat tujuan dengan hanya berjalan keliling tanpa tujuan.

          Ke mana engkau akan pergi? Akan menjadi apakah rencanamu? Apa tujuan hidupmu? Apa yang telah engkau capai sejauh ini? Apakah engkau dalam keadaan baik saat engkau dalam proses untuk menjadi seseorang seperti yang engkau inginkan?

           Janganlah berkecil hati, anak-Ku! Aku mempunyai rencana bagi hidupmu, dan Aku dapat mencipta dalam dirimu keinginan yang baik bagi hidupmu. Engkau dapat memiliki kehendak-Ku dan tujuan-Ku bagi hidupmu. Apakah kehendak-Ku bagi hidupmu? Jika engkau ingin tahu kehendak-Ku, bacalah firman-Ku. Engkau dapat menemukan rencana-Ku, petunjuk-Ku bagi hidupmu dalam firman-Ku.

           Yang terkasih, Aku ingin menunjukkan jalan-Ku kepadamu. Aku ingin mengajarkanmu jalan-jalan-Ku. Aku ingin membimbingmu dalam kebenaran-Ku. Aku ingin mengajarkan kepadamu segala sesuatu yang berguna bagi kehidupanmu, dan Aku melakukan semua ini melalui firman-Ku.

         Firman-Ku adalah terang. Firman-Ku adalah hidup. Firman-Ku adalah kesehatan dan kemakmuran. Firman-Ku adalah pelita bagi kakimu. Firman-Ku adalah semua yang engkau perlukan untuk pergi dari tempat engkau berada ke tempat yang Aku inginkan engkau berada.

            

             Dalam rencana-Ku terdapat hidup berkelimpahan dan damai sejahtera dan berkat yang dicurahkan setiap hari.

           

          Menyendirilah bersama-Ku. Temukanlah tempat yang tenang sehingga engkau dapat berhubungan dengan-Ku. Selidikilah hatimu untuk memastikan motivasimu sesuai dengan standar-Ku. Yakinkan hatimu untuk mempercayai dan menerima rancangan-Ku bagimu!   

 

Kasihmu, Tuhan.

January 27 2018

K E M A K M U R A N    T U H A N

Anak  Yang  Kukasihi,

                               Apa yang engkau perlukan hari ini? Engkau perlu kedamaian? Yesus adalah Raja Damai.

            Engkau memerlukan pemenuhan kebutuhan keuangan? Akulah Allah penyediamu. Engkau memerlukan sahabat? Akulah Sahabatmu yang lebih dekat daripada saudaramu.

            Apakah engkau membutuhkan kesembuhan? Oleh bilur-bilur Yesus engkau disembuhkan.

            Apa yang engkau perlukan? Apakah engkau merasa bingung dan kesepian bahkan engkau tidak dapat menentukan apa yang engkau perlukan untuk selamat, aman, sukacita dan puas? Jika itu yang sedang engkau alami, maka buang semua masalah yang mengganggumu. Pujilah Aku dan sembahlah Aku!

            Mulailah sekarang bersyukur kepada-Ku untuk setiap hal baik yang terjadi dalam hidupmu. Bersyukurlah pada-Ku atas apa yang sedang Aku lakukan sekarang. Ya, bersyukurlah pada-Ku untuk semuanya itu, karena bila engkau meminta sesuatu kepada-Ku dalam Yesus, Aku akan memberikannya. Engkau telah memilikinya dalam alam roh. Lepaskan imanmu. Tetap arahkan pandanganmu pada-Ku.

            Iman adalah jembatan yang menghubungkan surga dan dunia. Betapa Aku menginginkan engkau untuk menjadi makmur dan dalam keadaan sehat. Engkau telah ditebus. Apakah engkau telah lupa bahwa semuanya itu adalah milikmu? Engkau harus ingat warisanmu, dan engkau harus mengklaimnya. Aku tidak dapat melakukan sesuatu bagimu bila Aku tidak bersedia melakukannya.

 

            Anak-Ku, engkau perlu masuk dalam janji-janji-Ku. Yang perlu engkau lakukan hanyalah carilah dahulu Kerajaan Allah. Di sini engkau akan belajar apa saja yang menjadi milikmu, dan kemudian engkau melepaskan kuasa-Ku untuk merealisasikannya dalam hidupmu. Bungkamlah musuh, karena dia tidak mendapatkan pijakan di dalam pikiran yang berdiam di dalam Aku.

 

             Ya, anak-Ku, Aku ingin agar engkau makmur dan dalam keadaan sehat, seperti juga jiwamu makmur. Engkau tidak bisa memiliki salah satu saja dalam keadaan baik. Pikiranmu, kehendakmu, dan emosimu harus berjalan dalam kedamaian.    

 

             Yang Kukasihi, Aku mencurahkan darah Anak-Ku kepadamu dengan iman yang hidup dalam nama-Nya. Damai sejahtera mengalir dalam rohmu, jiwamu, dan tubuhmu. Damai sejahtera adalah milikmu. Tenanglah dan ketahuilah bahwa Akulah Allah. Damai sejahtera.

 

             Tutuplah matamu sekarang, dan biarkan damai sejahtera-Ku memenuhi jiwamu dan izinkan Aku untuk memeliharamu.

Kasihmu, Tuhan.

January 20 2018

P E L A Y A N A N     M E M B E R I

Yang  Terkasih,

                               Engkau adalah keluarga pemberi. Saat engkau memberi dalam pelayanan Tuhan Yesus Kristus, maka Injil dapat disebarkan dalam kuat kuasa. Tidak lagi engkau memberikan uangmu ke hal yang “sia-sia”.

            Tidak lagi engkau membantu orang yang tidak memiliki firman Allah. Jadikan kriteria memberimu, “Apakah pelayanan ini menyebarkan Firman?” Firman akan menyelamatkan dunia. Engkau dapat memproklamasikan firman-Ku atau engkau menolong orang lain memproklamasikan firman-Ku dengan perkataanmu.

            Bila engkau memberi demi kepentingan Injil-Ku, Aku akan memberkatimu – tidak hanya seratus kali tetapi tidak terbatas.

            Aku memberikan seluruh milik-Ku. Aku memberikan 100 persen saat Aku memberikan Anak-Ku yang tunggal untuk mati bagimu dan bagi orang-orang yang engkau kasihi, sama seperti benih harus mati sebelum dapat memberi tuaian.

            Tuaian datang pada hari Pentakosta saat 120 orang percaya berkumpul dan ditambahkan ke dalam Kerajaan-Ku diikuti oleh 30.000 orang, dan ditambahkan lagi setiap hari. Engkau dapat menambahkan ke dalam Kerajaan-Ku pemberianmu ini. Aku tidak hanya mengatakan pemberian secara finansial, namun juga pemberian waktumu, talentamu, doamu, dan kasihmu. Dan yang terutama dari semuanya adalah kasihmu.

            Aku memiliki banyak berkat bagimu! Semuanya itu milikmu! Klaim berkat itu saat engkau menuai. Bukankah Aku telah mengatakan bahwa tuaian telah menguning tetapi tidak banyak yang bersedia pergi ke ladang dan menuainya? Tuailah tuaian, anak-Ku. Bawalah tuaian itu!

 

            Dunia berteriak minta tolong pada-Ku, dan engkau memiliki jawabannya – Yesus. Jangan tahan-tahan Dia dari dunia. Dunia berteriak minta tolong. Mereka sedang mencari-cari. Mereka tersandung. Mereka berada dalam kegelapan. Engkau memiliki terang itu. Biarkan terangmu bercahaya, dan Aku akan memusnahkan kegelapan mereka.

 

             Engkau tidak perlu mencari mereka. Aku akan menempatkan orang-orang di jalanmu. Yang perlu engkau lakukan hanyalah menjadi saksi-Ku. Tunjukkan pada dunia siapa diri-Ku melalui cara hidupmu. Tunjukkan pada orang yang sakit dan sekarat bagaimana Aku menebusmu, dan mereka akan mencari penebusan itu.

 

             Bimbing mereka untuk datang kepada-Ku, dan selebihnya serahkan kepada-Ku. Yang Aku perlukan adalah bejana yang bersedia membunyikan bagaimana firman-Ku dapat mengubah seseorang yang akan dengan berani memberikan-Ku kemuliaan atas segala kebaikan yang terjadi dalam hidupnya. Yang Aku perlukan adalah bejana yang bersedia, yang akan menanam benih.

 

             Bawalah buah pertama dari waktumu, kasihmu, dan keuanganmu ke dalam rumah perbendaharaan-Ku dan lihatlah Aku akan membuka tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat atasmu.

Kasihmu, Tuhan.

Page 1 of 6

facebook-icon-web

Jadwal Ibadah Minggu

  •    Gereja Pusat I

    :   06:30 WIB

       Gereja Pusat II

    :   09:30 WIB

       Gereja Pusat III

    :   18:00 WIB

     

       IHM Nuansa Muda

     

    :   18:00 WIB

       Minggu ke 2 dan ke 4

     

       Setiap bulan.

     

     

       Pospel Sepolwan I

     

    :   07:00 WIB

       Pospel Sepolwan II

    :   17:00 WIB

     

       Pospel Pamulang I

     
     
    :   09:00 WIB

       Pospel Pamulang II

    :   17:00 WIB

     

       Pospel Hosana

     
     
    :   06:30 WIB

       Pelkat PA

     
    :   06:30 WIB
        09:30 WIB

       Pelkat PT

    :   08:00 WIB

     

     

    image6

    PEMBACAAN ALKITAB SEPEKAN

    Tanggal

    Pagi Malam

     18 Feb '18

    Kel 20 : 18-21 Kel 20 : 22-26
     19 Feb '18 Ayb 37 : 1-13

    Ayb 37 : 14-24

     20 Feb '18 1 Sam 7:10-12 1 Sam 7:13-14
    21 Feb '18 Yes 29 : 1-6 Yes 29 : 7-8
     22 Feb '18 Mzm 29 : 1-6 Mzm 29 : 7-11
     23 Feb '18

    Mzm 81 : 1-8

    Mzm 81: 9-17