OT Vozzmag - шаблон joomla Окна
  • Slide1

Artikel

July 28 2018

HIMBAUAN MAJELIS SINODE GPIB TENTANG PELAKSANAAN ASIAN GAMES 2018

Doa Bersama Untuk Asian Games 18 Agustus -2 September 2018 di Palembang dan Jakarta   Pelaksanaan Asian Games tinggal hitungan hari. Pembukaan pesta olahraga Asian…

Kegiatan Jema'at

July 28 2018

Sensus Jemaat GPIB Karunia Ciputat 2018

Shalom Jemaat “KARUNIA” yang Tuhan Yesus Kasihi, Sehubungan dengan program kerja & anggaran tahun pelayanan 2018/2019, Bidang V yaitu Informasi dan Komunikasi, hendak melakukan pemutakhiran…

Pembinaan

March 03 2018

ASAL USUL GEREJA BERBAKTI PADA HARI MINGGU

  A S A L – U S U L   G E R E J A   B E R B A K T I   P…

MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA

KAMIS,  14 JUNI 2018

 

RENUNGAN PAGI

GB.281 : 1 "Mari, Hitunglah Talenta" – Berdoa

 

TUHAN MEMBERI MENURUT KESANGGUPAN

Matius 25 : 14-18

"Yang seorang diberikannya lima talenta... masing-masing menurut kesanggupanya..." (ay.15)

 

Pagi ini Tuhan Yesus masih bicara hal datangan Kerajaan Sorga dengan kisah perumpamaan yang berbeda. Jika dalam perikop sebelumnya Tuhan Yesus mengumpamakannya dengan kisah gadis-gadis bijaksana dan gadis-gadis bodoh, maka dalam perikop ini, Tuhan Yesus mengisahkan seorang tuan yang akan pergi namun kembali. Sebelum pergi, tuan itu memercayakan hartanya kepada para hambanya untuk dikelola. Yang seorang diberinya lima talenta, yang lain dua dan satu talenta. Namun yang menarik dari perumpamaan ini bagaimana tuan itu memberikan talenta sesuai kesanggupan masing-masing hambanya. Ia tidak memaksakan hamba yang tidak mampu menanggung "beban" dengan memberikannya tanggung jawab yang lebih besar. Kebijaksanaan tuan ini kemudian terbukti dengan hasil yang didapatkan pada hamba yang hanya diberikan 1 talenta tidak mampu mengelola talenta itu, bahkan hanya memendamnya di dalam tanah. Ini pasti diketahui oleh tuannya, karena apa yang diberikan kepada para hamba sesuai dengan kesanggupan masing-masing, bukan karena yang satu lebih unggul daripada yang lain.

Apa yang Tuhan percayakan di dalam hidup kita, tentu saja sudah disesuaikan dengan kesanggupan dan kemampuan kita untuk mengelolanya. Kalau kita dipercayakan talenta dan kemampuan mengelolanya. Kalau kita dipercayakan talenta dan kemampuan lebih, itu bukan karena kita "anak emas" Tuhan yang menjadikan kita sombong. Kalau kita dipercayakan talenta yang lebih sedikit, bukan berarti Tuhan tidak sayang kepada kita, sehingga kita menjadi rendah diri dan tidak mau melakukan yang terbaik bagi kemuliaan-Nya. Pemberian banyak dan sedikit, besar dan kecilnya talenta yang dipercayakan sudah lebih dahulu dipertimbangkan Tuhan dengan melihat kesanggupan setiap manusia yang akan menerimanya. Namun yang terpenting, bukan seberapa banyak dan besar talenta yang diberikan Tuhan, tetapi apakah kita dapat menggunakan talenta itu untuk menjadi berkat di dalam hidup kita dan sesama?

 

GB. 281 : 2  "Mari Hitunglah Talenta" – Berdoa

Doa : (Ya Tuhan Yesus, kami percaya talenta yang Kau berikan adalah yang terbaik bagi hidup kami, karena itu mampukan kami untuk mengelolanya agar menjadi berkat bagi hidup kami dan sesama)

 

M.P/jm

facebook-icon-web

Jadwal Ibadah Minggu

  •    Gereja Pusat I

    :   06:30 WIB

       Gereja Pusat II

    :   09:30 WIB

       Gereja Pusat III

    :   18:00 WIB

     

       IHM Nuansa Muda

     

    :   18:00 WIB

       Minggu ke 2 dan ke 4

     

       Setiap bulan.

     

     

       Pospel Sepolwan I

     

    :   07:00 WIB

       Pospel Sepolwan II

    :   17:00 WIB

     

       Pospel Pamulang I

     
     
    :   09:00 WIB

       Pospel Pamulang II

    :   17:00 WIB

     

       Pospel Hosana

     
     
    :   06:30 WIB

       Pelkat PA

     
    :   06:30 WIB
        09:30 WIB

       Pelkat PT

    :   08:00 WIB