OT Vozzmag - шаблон joomla Окна
  • Slide1

Artikel

May 19 2018

MINGGU PENTAKOSTA

    PENTAKOSTA (Yun. Pentakosta berarti ‘yang ke-50’), yakni hari ke-50 sesudah Paskah. Hari ke-50 sesuai dengan Ulangan 16:9-12 adalah suatu pesta besar, yakni pesta…
March 31 2018
PASKAH

Pembinaan

March 03 2018

ASAL USUL GEREJA BERBAKTI PADA HARI MINGGU

  A S A L – U S U L   G E R E J A   B E R B A K T I   P…

MINGGU PEMULIAAN KRISTUS

KAMIS, 17 MEI 2018

 

RENUNGAN MALAM

GB. 117: 1 "Ajar Kami Melakukan Firman-Mu" – Berdoa

 

MENCARI PERDAMAIAN

1 Petrus 3 : 8-12

.... ia harus mencari perdamaian ... (ay.11)

 

Berlakulah baik kepada temanmu untuk menjaga mereka, dan berlaku baiklah kepada musuhmu untuk mengalahkan mereka (Benjamin Franklin). - Dalam bukunya berjudul "Nommensen", Pdt. Dr. Andar Lumbantobing bercerita: Di awal pelayanannya, Nommensen dimusuhi orang-orang Batak, bahkan mereka mengepung rumahnya, tetapi takut menggedor pintu rumah itu, sebab Nommensen memiliki sebuah senapan. Mereka pernah bertaruh di mana dukun-dukun dihadirkan dan mengatakan, "Lihat kami membawa guru-guru sakti. Dengan mantra, kami bisa menjatuhkan seekor burung yang terbang di atas." Namun Nommensen berkata, "Cobalah tunjukkan kepadaku," tetapi tak terbukti kehebatan dukun-dukun itu. Kemudian Nommensen masuk ke rumah dan mengambil senapannya, "Lihat, aku akan menjatuhkan burung itu," katanya. Kemudian ia mengeker dan menarik pelatuknya, tam... burung itu pun jatuh. Mulai saat itu orang-orang Batak takut, tetapi tak mengurungkan niat mau membunuh Nommensen. Malam itu mereka menunggu Nommensen keluar, namun hingga jauh malam beliau tidak membuka pintu. Karena telah kecapean dan kedinginan, musuh-musuh Nommensen itu pun tertidur di sekitar rumah. Saat itulah Nommensen keluar menyelimuti mereka semua. Keesokan harinya mereka terbangun dan melihat apa yang dibuat Nommensen. Mereka malu, kemudian meminta maaf dan akhirnya bersahabat dengan Nommensen, bahkan masuk Kristen.

Surat 1 Petrus 3 ini lebih membuat kewajiban orang Kristen dalam hidup bermasyarakat untuk menghayati persaudaraan yang lebih luas dengan semua orang. Manusia memiliki kecenderungan membalas kejahatan dengan segala maam alasan dan pertimbangan yang masuk akal dan dapat ditoleransi, terlebih kalau mereka diperlakukan dengan tidak adil. Akan tetapi Firman Tuhan justru meminta agar setiap orang percaya mengingat panggilan Kristen untuk memberkati orang lain, bahkan kepada mereka yang telah berbuat jahat. Inilah tuntutan Tuhan atas hidup Kristen yang berbeda dengan cara pandang dan pola pikir dunia. Bukan hanya melakukan hal yang baik kepada orang yang berbuat baik, melainkan juga kepada orang yang bersalah kepada kita. "Kemenangan yang paling indah adalah bisa menaklukan hati sendiri" (La Fontaine)

 

GB. 117 : 2 "Ajar Kami Melakukan FirmanMu" – Berdoa

Doa : (Biarlah teladan Kristus dalam prinsip inkarnasi adalah orientasi hidup kami bukan untuk kepentingan sendiri, melainkan untuk membawa kasih dan damai sejahtera-Mu)

F.S/jm

facebook-icon-web

Jadwal Ibadah Minggu